Bagaimana Caranya Membuat Kue Lidah Kucing?

kue lidah kucing

Salah satu jenis kue kering yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia adalah kue lidah kucing. Bahkan terlalu menyukai kue ini, membuat orang termotivasi untuk mengetahui cara membuat kue lidah kucing.

                Kue lidah kucing merupakan kue yang berasal dari Belanda. Masyarakat Belanda menyebutnya “kattetong” yang berarti lidah kucing. Disebut lidah kucing, karena bentuknya mirip lidah kucing yang menjulur panjang. Secara fisik tampilan kue memiliki panjang kurang lebih 5 cm dan tipis. Cita rasa kue sungguh lezat dan nikmat, tidak heran jika kue jenis ini sering digunakan sebagai suguhan tamu, camilan atau kue untuk lebaran.

Cara Membuat Kue Lidah Kucing

                Tahukah Anda proses membuat kue lidah kucing sangat sederhana. Coba buat kue lidah kucing sendiri di rumah. Caranya bisa mempersiapkan beberapa bahan kue terlebih dahulu.

Bahan

  • 30 gr susu bubuk fullcream
  • 600 gr mentega
  • 600 gr tepung terigu rendah protein
  • 350 gr gula halus
  • 4 butir telur diambil putihnya
  • 2 kuning telur
  • 1 sendok teh pasta vanili
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara membuat

Persiapkan semua bahan di dapur, kemudian bisa melanjutkan membuat kue lidah kucing. Cara mudah membuat kue lidah kucing bisa dilihat berikut ini.

  1. Siapkan wadah untuk tempat membuat adonan kue lidah kucing.
  2. Masukkan bahan pasta vanili, mentega, dan gula halus ke dalam wadah. Kocok ketiga bahan tersebut hingga warnanya berubah menjadi putih pucat. Bila menunjukkan warna putih pucat, segera masukkan kuning telur dan kocok kembali sampai adonan mengembang.
  3. Masukkan susu dan tepung terigu yang sudah di ayak dalam adonan. Aduk adonan hingga merata.
  4. Siapkan wadah baru, masukkan putih telur dan kocok sampai mengembang. Masukkan  gula  pasir secukupnya lalu kocok hingga kaku.
  5. Masukkan adonan pertama ke adonan putih telur. Saat memasukkannya tidak boleh langsung, lebih baik dilakukan secara bertahap agar seluruh adonan dapat tercampur rata.
  6. Siapkan loyang khusus membuat kue lidah kucing. Olesi loyang dengan menggunakan mentega atau margarin.
  7. Masukkan adonan kue ke dalam plastik cetakan segitiga. Tidak lupa memasang spuit polos (alat pembentuk motif) pada bagian bawah plastik. Cetak kue di atas loyang, kemudian oven dengan suhu 1600C. Lama waktu panggang yaitu selama 20 menit, jangan dilebihi agar kue tidak gosong.
  8. Angkat kue lidah kering yang telah matang, tiriskan di piring dan biarkan sampai dingin. Masukkan ke dalam toples bersih, tutup toples rapat-rapat supaya kue tetap renyah.

Demikian cara membuat kue lidah kucing yang sederhana. Meski pembuatannya begitu sederhana namun, rasa kue lidah kucing ini tidak diragukan lagi. Anda pasti menyukai rasa kue lidah kucing dari hasil memasak resep yang telah diberikan di atas.

Leave a Reply

Designed by Diet Sehat Designed by Coconis