4 Rahasia Ini Penting! Agar Kue Kering Tahan Lama dan Renyah

kue kering

Membeli kue kering di toko atau pedagang kue memang lebih mudah dan praktis. Namun sesekali tidak ada salahnya membuat kue kering sendiri di rumah. Bahkan apabila kue kering buatan Anda berhasil dibuat sempurna, memiliki rasa yang lezat dan kue kering tahan lama, maka Anda bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis yang akan menambah pundi-pundi rupiah masuk ke dompet Anda.

Tidak hanya mengasah kemampuan membuat kue kering agar semakin mahir, berkreasi sendiri dengan membuat kue kering di rumah akan menjamin pula kue yang Anda buat lebih aman dan sehat. Namun sayangnya, tidak semua orang mampu membuat kue kering tahan lama dan renyah. Tak jarang justru kue kering yang dibuat mudah mlempem.

Lalu bagaimana caranya agar kue kering awet dan renyah? Ini 4 rahasia agar kue kering buatan Anda selalu renyah serta tahan lama.

  1. Buat Adonan Kue Menggunakan Bahan Berkualitas Baik
    Usahakanlah untuk selalu membuat adonan kue menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik. Sangat perlu Anda memastikan bahan-bahan untuk adonan kue masih dalam keadaan fresh dan tidak mendekati masa kadaluarsa. Penggunaan bahan adonan kue yang fresh dan berkualitas baik akan mampu menghasilkan kue kering dengan rasa lezat, renyah dan lebih tahan lama.
  2. Gunakanlah Susu Cair dan Mentega Bersuhu Dingin
    Rahasia kedua supaya kue kering tahan lama dan renyah ialah dengan menggunakan susu cair dan mentega yang dingin. Penggunaan mentega dingin di sini bukan berarti kita harus menggunakan mentega beku.
    Mentega dingin yang dimaksud telah mudah dilumerkan namun memiliki suhu masih terasa dingin di atas suhu ruangan. Kue kering yang adonannya menggunakan susu cair dan mentega bersuhu dingin, akan menghasilkan kue kering bertekstur lembut, renyah sempurna dan tahan lama.
  3. Pastikanlah Saat Menguleni Adonan Secara Benar dan Perlahan
    Rahasia berikutnya supaya kue kering tahan lama dan renyah ialah dengan memastikan proses pengulenan dilakukan dengan benar dan dilakukan secara perlahan. Butuh waktu lama dalam proses menguleni mungkin akan membuat sebagian orang tidak sabaran. Namun tidak masalah jika menguleni perlahan dan benar, agar hasil kue kering menjadi sempurna.
    Apabila Anda menguleni terburu-buru dan kasar, maka suhu panas yang dihasilkan tangan akan membuat adonan jadi bersuhu hangat dan akan menghasilkan kue yang keras bahkan tidak tahan lama.
  4. Saring dan Sangrai Tepung Terlebih Dulu
    Ketika akan memulai proses menguleni, sebaiknya sebelumnya Anda menyaring tepung atau mengayaknya agar tepung memiliki tekstur sangat halus. Dengan demikian akan menghasilkan kue kering tahan lama, lembut dan renyah.
    Selain menyaring atau mengayak tepung, usahakan pula menyangrai tepung supaya kadar kekeringan tepung maksimal. Setelah disangrai beberapa saat, jangan langsung menguleni. Diamkan tepung beberapa saat agar suhu panasnya hilang.

Itulah rahasia agar kue kering renyah serta tahan lama. Selain tips di atas, pastikan pula menyimpannya di wadah kedap udara. Dengan demikian, kue kering akan semakin awet tahan lama.

Baca Juga Cara Membuat Nastar Keju

Leave a Reply

Designed by Diet Sehat Designed by Coconis